ISTILAH-ISTILAH DALAM PERKERISAN - LUK

Dilihat dari bentuknya keris terbagi menjadi 2 yaitu keris lurus dan keris berluk. Luk adalah bagian yang meliuk-liuk mulai dari pangkas sampai ujung keris. Sebagai senjata fisik keris lurus berfungsi sebagai senjata tusuk dan sabet yang menjadi senjata yang diandalkan untuk menusuk dan merobek. Tidak demikian dengan keris berluk. Keris berluk, selain sebagai senjata tusuk dan sabet, bentuk luknya juga berguna dalam menahan dan menangkis senjata lawan, tidak mudah patah apabila berbenturan dengan senjata lawan, dan menghasilkan luka yang lebih lebar. Selain itu, oleh sang empu, bentuk luk keris juga menjadi pakem untuk menunjukkan makna spiritual kerisnya.
Berbagai jenis keris pada dasarnya merupakan senjata yang bersifat pusaka (bernilai pribadi secara psikologis bagi pemiliknya) dan menjadi senjata pamungkas dalam penggunaannya. Dalam tulisan ini Penulis ingin menjelaskan sisi spiritual dari masing-masing bentuk luk keris yang mungkin kita memiliki salah satunya sebagai berikut (sumber : Javanesee2000) :
a) Keris Lurus
Jenis keris lurus mengandung sisi spiritual dalam pembuatannya sebagai lambang kelurusan hati, kepercayaan diri dan mental yang kuat, keteguhan hati pada tujuan dan sarana pemujaan kepada Sang Pencipta. Sesuai sifat kerisnya itu, si pemilik keris diharapkan selalu menjaga kelurusan dan keteguhan hati, tekun beribadah, menjaga moral dan budi pekerti dan sikap ksatria.Keris lurus juga diidentikkan sebagai lambang ksatria, ketulusan hati dan sikap setia pada tanggung jawab, dan menjadi sarana doa untuk menundukkan keilmuan orang-orang jahat, untuk membela kebenaran dan orang-orang yang tertindas. Banyak ksatria jaman dulu yang lebih memilih keris lurus daripada keris ber-luk.


b) Keris Luk 1
Dalam pembuatannya, keris-keris ber-luk 1 memiliki makna pemiliknya mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa dan membantu supaya keinginan-keinginan si pemilik keris dapat lebih cepat tercapai, misalnya keinginan dalam hal kekuasaan, kepangkatan dan derajat. Angka 1 merupakan lambang harapan dan karunia kesejahteraan, kemakmuran dan kemuliaan. Dibandingkan keris lurus, keris ber-luk 1 lebih menandakan kekuatan hasrat duniawi manusia yang ingin dicapai. Perbedaan keris lurus dengan keris luk 1 adalah jika keris lurus dari pangkal sampai ke ujung membentuk membentuk sudut siku, sementara untuk keris luk 1, dari pangkal keris lebih condong ke arah depan, bentuk mencondong ini sering disebut condong leleh.


c) Keris Luk 3
Dibandingkan keris ber-luk 1, keris ber-luk 3 lebih menonjolkan keseimbangan antara kehidupan kerohanian dan duniawi manusia, keseimbangan antara sisi spiritual dan jasmani, kemapanan duniawi dan batin dalam menjalani kehidupan di dunia.

d) Keris Luk 5
Pada jaman kerajaan dulu di jawa, keris-keris ber-luk 5 hanya boleh dimiliki oleh raja, pangeran dan keluarga raja, para bangsawan yang memiliki kekerabatan atau memiliki garis keturunan raja, dan adipati / bupati saja. Orang-orang ningrat. Selain mereka, tidak ada orang lain yang boleh memiliki
atau menyimpan keris ber-luk 5. Demikianlah aturan yang berlaku di masyarakat perkerisan jaman dulu. Keris-keris ber-luk 5 hanya boleh dimiliki oleh orang-orang keturunan raja dan bangsawan kerabat kerajaan, memiliki kemapanan sosial dan menjadi pemimpin di masyarakat. Dengan kata lain, keris ber-luk 5 disebut juga Keris Keningratan.


e) Keris Luk 7
Angka 7 adalah lambang Kesempurnaan Illahi. Keris ber-luk 7 terutama diperuntukkan bagi orang-orang yang menganggap hidup keduniawiannya sudah sempurna, sudah cukup, sudah tidak lagi mengejar keduniawian untuk kemudian lebih menekuni hidup kerohanian. Keris ber-luk 7 dibuat untuk tujuan kemapanan kerohanian / kesepuhan, dimaksudkan untuk dimiliki oleh raja atau keluarga raja yang sudah matang dalam usia dan psikologis dan yang sudah mandito dan untuk para tokoh kesepuhan di masyarakat.


f) Keris luk 9
Angka 9 ditujukan untuk orang-orang yang sudah tidak lagi melulu mengejar keduniawian, sudah lebih menekuni kerohanian. Keris-keris ber-luk 9 dibuat untuk tujuan kemapanan kerohanian dan kesepuhan. Dikhususkanuntuk dimiliki oleh para pandita atau panembahan dan para sesepuh masyarakat


g) Keris luk 11
Keris ber-luk 11, mungkin awalnya dibuat untuk mendobrak kemapanan / pakem pembuatan keris pada jamannya, mengingat angka 11 tidak mempunyai makna tertentu dalam budaya jawa.


h) Keris luk 13
Angka 13 dalam budaya jawa mempunyai makna yang jelek, yaitu kesialan, musibah atau malapetaka. Pembuatan keris ber-luk 13 dimaksudkan untuk menjadi penangkal kesialan atau tolak bala. Keris ber-luk 13 biasanya dibuat untuk tujuan kesaktian dan wibawa kekuasaan. Contoh keris ber-luk 13 yang terkenal adalah keris Nagasasra yang bersifat penguasa, pengayom dan pelindung. Keris ini sangat k menunjang kewibawaan pemiliknya supaya disujuti banyak orang dan wataknya sebagai pengayom dan pelindung akan selalu melindungi orang-orang yang berlindung kepadanya.
Keris Nagasasra dan Keris Sabuk Inten adalah sepasang keris yang menjadi lambang kebesaran kerajaan Majapahit. Kedua keris ini memiliki kesaktian yang setingkat dan sifat-sifat karakter kedua keris ini saling melengkapi. Pada masanya, banyak orang, terutama adalah para penguasa daerah, seperti kadipaten dan kabupaten, yang menginginkan memiliki sepasang keris tersebut, sehingga kemudian sepasang keris tersebut banyak dibuat keris-keris tiruannya, yaitu keris-keris berdapur nagasasra (atau berdapur naga), dan keris-keris berdapur sabuk inten. (sumber : Javanesee2000)


i) Keris Kalawijan
Kalawijan adalah penggolongan keris yang memiliki luk lebih dari 13. Walaupun lebih dari tiga belas luknya, keris kalawijan juga memiliki pakem ricikan dan dhapur. Selain menyebut keris kalawijan sebagai keris yang jumlah luk lebih dari tiga belas, secara salah kaprah, juga ada yang menyebut untuk sebutan keris dengan bentuk yang kurang lazim, misalnya keris semar yaitu keris yang berdhapur samar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar