3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Kali ini kami akan menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang luar biasa

Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?
Sosok pemimpin yang pernah saya tahu adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah seorang pahlawan pendidikan yang memerjuangkan pendidikan di nusantara, sehingga rakyat kecil mampu mengenyam pendidikan setara sekolah dasar. dengan keterbatasan ruang dan gerak, di wilayah nusantara waktu itu, beliau tetap gigih dalam memerjuangkan hak mendapat pendidikan bagi murid-muridnya.

Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Sosok pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mengenal potensi dirinya, bawahan-bawahannya, dan ekosistem di sekitarnya, kemudian menuntun dirinya, bawahannya untuk memaksimalkan potensinya dengan menggunakan potensi-potensi diruang dan tempat sekitarnya
Tugas seorang pemimpin adalah
Memanage potensi, situasi, kondisi sekitarnya agar tetap kondusif dan nyaman
Merencanakan, melakukan, mengawasi, dan mengevaluasi jalannya kegiatan dalam suatu organisasi
Melakukan refleksi terhadap diri sendiri dan ekosistem organisasi
Mengenali potensi diri, orang lain, dan lingkungan sekitar
Merencakan mengembangkan potensi-potensi yang telah dikenali
Melaksanakan aksi dari rencana-rencana pengembangan potensi yang ada

Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.
Ekosistem merupakan suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah adalah hubungan kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependikan, serta cara berhubungan dengan lingkungan sekitar sekolah. Faktor individu atau komunitas pendidikan di sekolah sangat memengaruhi perkembangan ekosistem di lingkungan sekitar sekolah, apakah individu atau komunitas pendidikan tersebut memberikan dampak positif bagi lingungan atau tidak.

Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah:
1. Mengenali sumber daya sekolah yang dapat dikembangkan
2. Melakukan rencana pengembangan sumber daya sekolah
3. Melakukan hubungan dengan masing-masing sumber daya sekolah
4. Melaksanakan rencana pengembangan sumber daya sekolah, dalam bentuk aksi nyata
3. Melakukan refleksi terhadap hasil pelaksanaan pengembangan sumber daya sekolah
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah adalah 
1. Kepala sekolah
2. Guru
3. Tenaga kependidikan
4. Komite
5. Wali murid
6. Tokoh masyarakat
7. Sarana dan pra sarana

Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Posisi diri saya dalam ekosistem sekolah:
Guru kelas 3 yang melaksanakan pembelajaran bepihak pada murid dengan semangat
Kekuatan yang saya miliki:
Semangat belajar hal-hal baru
Menguasai kemampuan komputasi dan teknologi komunitasi / IT
Kelemahan yang saya miliki:
Kewenangan yang saya miliki hanya mencakup satu kelas yang saya ampu


Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri: saya mampu menjadi pemimpin yang mengenal potensi sumber daya yang bisa dikembangkan di sekolah

Murid: murid bisa mengenali potensi sumber daya dalam dirinya, sehingga memiliki harga diri yang tinggi

Sekolah: sekolah lebih berkembang dengan sumber daya yang telah dikenali, sehingga pengembangan sekolah lebih mudah dan optimal


Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan adalah praktik baik dari materi yang diulas.
Materi yang saya harapkan adalah materi yang lebih mudah dipraktikkan dalam menunjang peran pemimpin pembelajaran.
Manfaat yang saya harapkan adalah dengan belajar modul ini mampu membangkitkan semangat kepemimpinan yang mampu mengenal dan mengembangkan sumber daya di ekosistem sekolah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar