PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN







Media berasal dari bahasa Latin merupakan bentuk jamak dari “medium” yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar, yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan (Sudrajat, 2008:1).

Menurut Purnamawati dan Eldarni (dalam Kusumah, 2008:1), media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

Sejalan dengan pendapat Sadiman (1986:7) yang mengemukakan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat terjadi. Pesan yang dimaksud adalah materi pelajaran yang diberikan guru kepada siswa sehingga siswa termotivasi untuk menerima materi pelajaran.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa media merupakan alat perantara untuk menyampaikan ide, pesan dan gagasan. Pesan ini berupa materi pelajaran dari pengirim (guru) kepada penerima pesan (siswa). Karena fikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa dapat terangsang sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat terjadi.